3 Alasan Untuk Memulai Hobi Produktif

3 Alasan Untuk Memulai Hobi Produktif

Saya tahu bahwa 2 kata “hobi produktif” pada judul di atas akan memancing kontroversi. Pertanyaan yang pertama muncul di kepala saya,”Apakah benar dengan memulai sebuah hobi, saya bisa menjadi lebih produktif?” Pertanyaan kedua, “Bukankah dengan memiliki hobi, waktu saya akan tersedot kesana?” dan pertanyaan ketiga, keempat dan seterusnya.

Setelah ini saya akan membahas beberapa riset yang menyatakan bahwa memiliki hobi bisa meningkatkan produktivitas kerjamu.

1. Hobimu Bisa Membantu Kamu Belajar Kemampuan Baru

Rasa takut keluar dari zona nyaman membuat banyak orang mencari hobi yang berhubungan dengan pekerjaannya atau hal-hal yang sudah biasa mereka lakukan.

Hal yang menarik ialah sebuah riset dari San Francisco State University yang melibatkan hampir 350 orang menemukan bahwa orang yang memiliki hobi biasanya mengalami peningkatan yang berhubungan dengan pekerjaannya. Sumber: Time.

2. Hobi Memaksa Kamu Mengatur Waktu Dengan Lebih Baik

Memulai hobi baru akan memaksa kamu untuk mengatur waktumu supaya bisa melakukan hobi barumu. Biasanya pada saat memulai sesuatu yang baru, kamu akan merasa bangga pada dirimu sendiri karena sudah mengambil inisiatif dan belajar hal-hal baru.

Namun kalau kamu tidak bisa mengatur waktu, kamu akan merasa malu karena tidak bisa menjaga komitmen untuk melakukan hobi barumu, terutama kalau ada tim atau mentor di hobi itu.

3. Hobi Membuat Kamu Berpikir Dengan Cara Yang Berbeda

Rintangan intelektual yang sering kamu alami seperti merasa bingung mau menulis apa ketika memulai sebuah blog post seringkali membuat produktivitas kita terjun bebas dan hancur berantakan. Sebuah kutipan dari buku Where Good Ideas Come From: The Natural History of Innovation mengatakan bahwa dengan memiliki hobi, kamu akan membuat kamu berpikir dengan cara yang berbeda sehingga kamu akan menjadi lebih produktif.

Legendary innovators like Franklin, Snow, and Darwin all possess some common intellectual qualities— a certain quickness of mind, unbounded curiosity— but they also share one other defining attribute. They have a lot of hobbies
…It is tempting to call this mode of work “serial tasking,” in the sense that the projects rotate one after the other, but emphasizing the serial nature of the work obscures one crucial aspect of this mental environment: in a slow multitasking mode, one project takes center stage for a series of hours or days, yet the other projects linger in the margins of consciousness throughout. That cognitive overlap is what makes this mode so innovative. The current project can exapt ideas from the projects at the margins, make new connections. It is not so much a question of thinking outside the box, as it is allowing the mind to move through multiple boxes. That movement from box to box forces the mind to approach intellectual roadblocks from new angles, or to borrow tools from one discipline to solve problems in another.”

Dengan 3 alasan untuk memulai hobi produktif diatas, apakah kamu sudah siap memulai hobi produktifmu yang baru? Pada blog post selanjutnya kita akan membahas hobi produktif yang bisa kamu mulai.

Leave a Reply

Close Menu
×

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]