4 Hobi Produktif Yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini

4 Hobi Produktif Yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini

Melanjutkan artikel sebelumnya dengan judul 3 Alasan untuk Memulai Hobi Produktif, kali ini saya akan membagikan 4 hobi produktif yang bisa anda lakukan hari ini.

1. Jalan

Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk menjadi produktif, mereka harus bekerja di suatu tempat. Biasanya meja kerja dan fokus mengerjakan tugasnya. Tapi kalau kamu sedang mengalami kebuntuan. Riset mengatakan bahwa memiliki hobi produktif yang membuatmu bergerak seperti jalan bisa membantumu keluar dari kebuntuan tersebut.

Dua orang penulis besar yang memiliki kebiasaan jalan untuk menjadi kreatif ialah Charles Dickens dan Virginia Woolf. Sebuah studi oleh Stanford University mengatakan bahwa kamu akan jadi lebih kreatif ketika jalan daripada diam saat diberikan pekerjaan yang berhubungan dengan mental seperti menulis. Baca selengkapnya disini.

2. Main Video Games

Ayo, siapa yang suka main video game? Memang hobi ini cukup kontroversial dan sekilas terlihat menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Jadi seharusnya membuat kita tidak produktif dong bukannya menjadi produktif. Namun riset yang dimuat pada link ini menyatakan bahwa main video games meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah terutama untuk anak-anak yang memainkan game role-playing dan strategy-based.

Salah satu kekurangan main video games ialah tidak memiliki interaksi sosial karena main video games biasanya dilakukan seorang diri. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mencari grup bermain video games di daerahmu sehingga saat bermain tidak sendirian dan ada temannya. Ini pastinya lebih baik daripada bermain seorang diri.

3. Koleksi Perangko

Hobi yang satu ini memiliki sejarah yang panjang. Kalau kamu memiliki hobi koleksi perangko, selain bisa menghasilkan keuntungan dari penjualan prangko, kamu juga bisa mengikuti pertemuan pertemuan kolektor perangko seperti Perkumpulan Filatelis Indonesia. Jadi selain keuntungan finansial, kamu juga bisa menambah network dengan orang-orang yang sudah mapan hidupnya dan bisa menjadi mentormu.

4. Olahraga Beregu

Sebuah riset di Inggris menemukan bahwa olahraga meningkatkan moral dan membuat tempat kerja lebih produktif. Baca selengkapnya disini. untuk olahraga yang tidak memerlukan kerjasama hal ini mungkin terjadi karena orang yang berolahraga meningkat disiplinnya.

Namun jika kamu memilih olahraga beregu yang memerlukan kerjasama, kamu akan mendapatkan manfaat tambahan seperti kesabaran dan pengendalian diri.

Lebih jauh lagi, hubungan dengan rekan kerja menjadi lebih baik sehingga bisa membantu juga dalam pekerjaan dan karirmu.

Jadi dari 4 hobi produktif yang sudah saya bagikan, hobi mana yang cocok buat kamu? Pertimbangkan komitmen waktu dan usaha yang perlu dilakukan untuk melakukan hobi tersebut sebelum membuat keputusanmu. Semoga bermanfaat dan kamu bisa selalu produktif.

Leave a Reply

Close Menu

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]