5 HAL WAJIB AGAR HARI ESOK JADI HEBAT

Ada banyak pola orang sukses yang bisa kita tiru. Tapi kadang saking banyaknya kita bingung mulai dari mana. Setelah saya kulik-kulik, riset mandiri, ternyata faktor yang sering kita lewatkan adalah “hari kemarin”. Yup hari kemarin. Jika Anda ingin produktif hari ini, kuncinya ada di hari kemarin. Persiapan Anda kemarin sangat menentukan sejauh mana Anda bisa smooth menjalani hari ini. Ternyata semakin baik Anda merencanakan hari esok, semakin baik juga Anda menjalaninya. Apa saja persiapannya? Kali ini coba kita sederhanakan dengan meniru 5 hal yang biasanya dilakukan orang sukses sebelum memulai hari esok, agar esok hari Anda jadi jauh lebih produktif. Langsung saja kita cek:

 

  1. Menyiapkan sarapan sehat esok hari

Awal hari seharusnya diisi dengan makanan sehat. Kenapa? Karena makanan pagi hari itulah yang menentukan seberapa lama kita bisa menjaga semangat tetap tinggi sampai akhir hari. Kalau ada yang merasa lemas atau sakit kepala padahal jam baru menunjukkan pukul 10 pagi, bisa jadi makanan pagi nya bermasalah. Tapi tahu saja tidak cukup, buktinya ada saja orang-orang yang buru-buru saat pagi dan akhirnya menu cepatnya adalah yang instan-instan lagi. Sederhana sebenarnya jika Anda paham konsep kemarin yang sudah kita bahas, Anda seharusnya menyiapkan saat malam harinya menu terbaik dan sehat untuk besok pagi, ini membuat Anda tidak punya opsi untuk makanan instan kan? Jadi apa pilihannya?

 

Telur rebus mudah disiapkan juga tinggi protein dan mengandung vitamin B-kolin yang penting untuk otak1 (sudaryani 2009) Selain menjaga kesehatan mata, juga membuat kita merasa kenyang sehingga tidak tergoda untuk cemilan tidak sehat. Kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kemampuan kognitif2. Juga mengurangi resiko kanker dan diabetes type 2. Begitu juga dengan teh, kandungan flavonoid menjaga kekebalan tubuh dan L-theanine membangkitkan awas dan fokus kita3

 

Pisang kaya akan serat, vit C dan potasium. Pati dalam pisang membuat kita kenyang. Yogurt tanpa pemanis buatan kaya akan protein yang membuat kita kenyang lebih lama Juga menjaga kesehatan tulang jantung dan saraf. Semua ini menu yang mudah bahkan Anda tidak perlu menyalakan kompor sama sekali. Yang Anda butuhkan hanyalah persiapan kemarin. Tentunya akan jauh lebih baik juga jika Anda punya jadwal belanja yang rutin untuk kemudian Anda atur dalam porsi kecil dengan label harian di dalam kulkas Anda. Siapkan juga alat masak yang mudah dan ringkas untuk pagi hari Anda. Ini membuat aktivitas sarapan jauh lebih asik. Terdengar ide yang masuk akal? Cus..silahkan dicoba!

 

Ketimbang Anda buru-buru dan ujung-ujungnya hanya punya ide sarapan penuh gula dan karbohidrat, Saran saya rencanakan sarapan Anda sehari sebelumnya. Saking dianggap remeh, orang jadi mudah sekali pergi ke kantor dan mampir di starb*ck untuk mendapatkan sarapan instan di sana. Ini jelas tidak sehat bukan hanya untuk perut Anda, tapi juga untuk mindset Anda.  

 

  1. Tidur lebih cepat, Bangun lebih cepat

Tidur membantu tubuh Anda memulihkan seluruh keseluruhan keseimbangan yang dibutuhkan. Setelah seharian beraktifitas dan menemani keluarga, tidur lebih cepat membantu Anda bangun lebih cepat dan segar. Tentunya pilihannya bukan hanya itu. Banyak juga yang memilih tidur lebih lambat dengan alasan lembur tapi bangun tetap cepat dan yang terjadi adalah Anda menjadi kelelahan. Sehari dua hari mungkin masih OK lha..tapi banyak orang stress dan lelah karena ini berlanjut lebih lama tanpa disadari.  

 

Jika Anda lelah, maka ini adalah efek bola salju yang secara cepat membuat Anda sampai pada titik tidak produktif. Bangun lebih cepat dan segar membantu Anda menyiapkan hari Anda dengan lebih prima. Memang melakukan apa saat bangun masih lebih penting dari jam berapa Anda bangun, tapi jika Anda bisa bangun lebih cepat maka lebih banyak hal yang bisa Anda persiapkan sebelum memulai rutin Anda, apalagi kalau Anda masih seorang karyawan. Bangun lebih cepat membuat Anda memiliki kesempatan untuk “berbenah” hidup sebelum Anda menghidupi kantor orang lain.

 

Tidur dan bangun di jam yang sama membantu tubuh Anda lebih stabil. Pada tulisan sebelumnya saya sudah bahas ritme sirkadian4 yang tidak hanya penting dalam mengatur fungsi tidur tapi juga mengatur rilisnya hormon penting dalam tubuh. Ritme ini tahu dengan persis kapan suatu hormon dikeluarkan. jika anda tidak menyesuaikan jam biologis ini, maka tentu akan ada “cekcok” tak terhindarkan didalam tubuh anda. Tubuh dengan sendirinya akan memperlambat semua aktifitas organ saat malam dan mulai lagi “memanas” saat pagi dan siang. Ini otomatis karena tubuh secara tidak langsung berkomunikasi dengan alam. Respon tubuh tentu berbeda saat siang dengan suhu yang tinggi dengan saat malam hari dengan suhu yang rendah. 

 

Jadi secara fitrah tubuh anda seharusnya bekerja saat siang dan istirahat saat malam.  Makan saat siang dan puasa saat malam. Setidaknya itu yang dibahas tentang performa organ di banyak jurnal kesehatan. Misalnya paru-paru dan jantung mencapai puncak relaxnya sekitar jam 3 subuh.   

 

Cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang selalu sama. Tidur lebih cepat tepat waktu, bangun lebih cepat juga tepat waktu. Anda membangun penghargaan diri yang jauh lebih baik. Hargai diri yang sudah membantu Anda selama ini. 

 

Saat weekend, bukan berarti Anda bebas tidur dan bangun jam berapa saja. Tubuh Anda tidak seperti robot yang bisa anda setting ulang khusus mode weekend yang seenaknya juga bisa mengalihkan seluruh proses biologisnya khusus weekend kan? Intinya dari perspektif sains, tidur dan bangun tidur tepat waktu di jam yang konsisten jauh lebih sehat untuk tubuh. Jika setelah bangun dan ritual pagi, Anda masih ingin tidur di weekend, itu sah-sah saja. 

 

Alarm bisa sangat membantu Anda ketimbang hanya jadi hiasan meja kamar. Tapi jika Anda menekan tombol “tunda” di alarm, maka Anda sudah merusak keseluruhan pola yang sedang Anda bangun. Anda bisa baca artikel saya yang berjudul aturan 5 detik. Di sana saya bahas bagaimana orang yang akrab sekali dengan tombol snooze bisa terjebak dalam keterpurukan bertahun-tahun tanpa mereka sadar mereka menua, dan memiskin. Karena tombol ini bukan hanya membuatnya telat bangun tapi telat banyak hal. 

 

Secara mindset, menekan tombol tunda pada alarm berarti Anda sudah kalah sejak awal hari. Yang seharusnya Anda kalahkan adalah kantuk, dengan segera meluncur dari tempat tidur dan bersiap memulai hari. Harap diingat, niat Anda set alarm adalah untuk bangun, bukan untuk menekan tombol tunda. Seandainya saya adalah produsen jam weker, saya akan mengganti tombol snooze dengan tombol bertuliskan loser (pecundang). sehingga mereka yang mau menekannya harus berpikir dua kali wkwkwkwkwkwkwk…..

 

Hindari membuka medsos saat akan tidur atau saat bangun pagi jika tidak diperlukan. Ini adalah saran yang sangat flexible bagi Anda yang jika memang tugas hariannya ada di medsos semisal online shop admin. Tapi jika Anda bukan mereka, maka nasihat ini mungkin sangat berguna. Set ruang tidur Anda hanya untuk tidur atau membaca. Jika Anda memang “kebelet” buka medsos di pagi hari, lakukanlah hal lain dulu sebelum itu misal olahraga, baca buku atau menulis. Dengan demikian Anda secara tidak langsung sedang “ngomong” ke otak bahwa yang wajib di pagi hari itu adalah bukan buka medsos. Lama kelamaan rasa “kebelet” itu akan hilang. 

 

Hal yang sama juga saat malam hari sebelum tidur. Selain posisinya kurang aman dan sehat, dan beberapa dari Anda yang ngotot juga mungkin sudah pernah merasakan kejatuhan handphone di wajah karena ngantuk, wkwkwkwk, medsos sebelum terus juga ternyata membuat Anda menjadi begadang. Yes.. sekali Anda membukanya, maka Anda jadi tidak sadar lagi berapa menit habis untuk sekedar scrolling. Angkat tangan yang pernah seperti ini? hahaha

 

  1. Membersihkan meja kerja sebelum tidur

Konsep ini disebut clear to neutral. secara sederhana berarti mengembalikan apapun yang Anda gunakan dalam bekerja seharian ke posisi netral.  Dengan demikian, Anda juga memilih untuk meninggalkan pekerjaan apapun yang belum selesai di meja kerja itu dan akan diselesaikan esok hari. I’m done today, so setelah ini fokuslah bersama keluarga, istirahat, atau apapun yang happy Anda lakukan tanpa harus terganggu dengan pekerjaan lagi. 

 

Jika hal ini dilakukan dengan baik, Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa perlu khawatir pekerjaan belum selesai dan besok harinya Anda siap melanjutkan dengan suasana meja kerja yang bersih dan siap digunakan seperti biasa. Tidak perlu menghabiskan willpower di pagi hari hanya untuk membereskan meja kerja atau working space lagi. Jika Anda berhasil membangun kebiasaan ini sebelum istirahat, di masa depan Anda akan sangat menghargai diri Anda di masa lalu. 

 

  1. Merencanakan hari esok

Sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa menuliskan rencana esok hari dapat membuat tidur lebih cepat. 

Namun, efek tersebut tak terlihat pada mereka yang menuliskan apa saja yang telah dicapai seharian5

 

Anda jadi benar-benar bisa maximal dalam menggunakan fokus dan energi Anda esok hari ketimbang Anda tidak punya rencana sama sekali. Jika Anda menyiapkan hal ini pada malam sebelum Anda tidur, Anda yang di pagi hari akan merasa lebih terikat dengan diri Anda dari masa lalu yang lebih paham dari diri Anda saat ini tentang mau kemana hari ini. Anda pagi ini mungkin belum terlalu fokus, banyak hal yang dikhawatirkan, banyak hal yang ingin segera diselesaikan. Tapi diri Anda dari masa lalu (semalam), mungkin telah lebih matang dalam memutuskan prioritas esok hari. Ini mungkin yang menjadi penyebab kenapa tidurnya bisa lebih nyenyak.

 

Jadi jika saya jadi Anda yang menemukan catatan diri semalam, saya akan sangat percaya dan fokus pada catatan itu. Hal yang sama dilakukan Barack Obama yang sudah merencanakan pakaian apa yang akan dipakai saat siang hari esok, Karena dia tidak ingin berurusan dengan urusan baju saat siang hari dimana saat itu dia pasti sudah sangat hectic dengan hal lainnya. 

 

  1. Memulai hari dengan berita baik

Menjaga perasaan happy itu tidak mudah dan butuh banyak latihan. Anda yang belum begitu terlatih, jangan coba-coba memulai hari dengan berita buruk karena bisa dipastikan hingga akhir dari hari itu akan ikut-ikutan buruk semuanya. Mood saat pagi itu penting sekali karena menentukan bagaimana Anda merespon, bertindak dan mengambil keputusan seharian. Jika Anda kesulitan menemukan berita baik di pagi hari, berdoalah untuk kebaikan Anda dan keluarga. Dengan demikian Anda punya positive feeling untuk hari itu, karena Anda menunggu jawaban dari doa dengan bersikap baik terlebih dahulu. 

 

Memulai hari dengan berita buruk sama dengan Anda memulai hari dengan komplain tentang apapun. Komplain kenapa terlalu pagi, kenapa begini, kenapa begitu, dan akhirnya otak akan segera dipenuhi oleh kosakata buruk lainnya. Seperti tertabrak oleh mobil bermuatan seluruh masalah Anda selama ini, maka otak mendadak dipenuhi banyak komplain. Sengaja memancing 1 pikiran negatif, maka Anda bersedia membombardir diri dengan pikiran negatif lainnya yang segera datang. Dan yang lebih parah ini semua Anda lakukan di pagi hari? come on man…yang benar saja!!!!!

 

Kita bisa secara sengaja membuat diri bahagia secara keseluruhan dengan cara sering-sering memberi makan pikiran dengan pikiran baik utamanya di pagi hari. itu sebabnya medsos tidak disarankan di pagi hari, karena mood bisa berubah drastis di sana. 

 

Sebagai penutup, izinkan saya memberi Anda kabar baik ini. bahwa semua yang kita bahas di atas adalah hal mudah dan bahkan tidak membutuhkan waktu dan biaya tambahan. Anda cukup melakukannya saja. yang harus Anda lakukan hanyalah segera keluar dari pikiran Anda and just do it. See u at the top!

 

ditulis oleh Muhammad Bahauddin Amin
Co-Trainer SyncPlanner

 

referensi

  1. http://repository.unismus.ac.id 

  2. Rani tiara. 2018. Kafein pada kopi: penurunan risiko demensia. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung

  3. Riza Ibnu Fajar.2018. Kandungan senyawa flavanoid dan aktivitas antioksi dan ekstrak teh hijau pada perlakuan suhu awal dan lama penyeduhan. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana

  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/jam-biologis-manusia/ 

  5. https://www.medcom.id/rona/kesehatan/Dkq3rDeN-studi-menuliskan-rencana-hari-esok-membuat-tidur-lebih-cepat 

Leave a Reply

Close Menu
×

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]