5 Tips Menjadi Orang Produktif

5 Tips Menjadi Orang Produktif

Pada saat ini banyak orang yang mengalami work from home namun harus tetap menjadi orang produktif di kondisi yang tidak ideal. Kondisi tidak ideal ini bisa mengganggu produktivitas kamu.

Dan saya menulis artikel ini dengan tujuan agar menjadi bahan evaluasi bagi kamu yang sedang work from home. Apakah dengan work from home kamu malah menjadi orang yang tidak produktif dan bagaimana caranya bisa kembali menjadi orang produktif.

Ciri-Ciri Orang Tidak Produktif

Orang tidak produktif sering kali mengabaikan pentingnya sasaran. Mereka cuma membutuhkan pekerjaan yang ada cepat beres. Padahal sepatutnya yang diperhatikan tidak hanya target waktu namun juga kualitas pekerjaan yang ingin diselesaikan.

Bila seorang sanggup menata skala prioritas, pasti ia akan bebas dari banyak aktivitas yang menyulitkan dirinya. SyncPlanner bisa membantu kamu dalam menata skala prioritas untuk pekerjaan dan pengembangan diri.

Dengan adanya skala prioritas, pekerjaan mana yang wajib dituntaskan terlebih dulu bisa diketahui. Selain itu urgency serta batas waktu untuk perkerjaan tersebut juga juga bisa diketahui.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang tidak produktif ialah orang yang tidak mengatur waktu. Orang tidak produktif pada umumnya merupakan orang yang suka menunda pekerjaan. Pekerjaan yang diterima akan dikerjakan bila telah dekat dengan deadline, alhasil mereka merasa dijerat oleh pekerjaan yang sangat menumpuk.

Orang tidak produktif tidak dapat melindungi diri dari merespon keadaan di sekelilingnya, tidak peduli jika itu penting ataupun tidak. Situasi ini membuat banyak orang tidak produktif gampang tersendat fokus serta pola kerjanya.

Ketika ditawari pekerjaan, lebih-lebih dengan nominal honor yang menggoda, orang tidak produktif umumnya langsung menyepakati. Ia kurang memikirkan risiko dari pekerjaan itu sendiri. Ia juga kerapkali lupa memikirkan apakah ia hendak sanggup menuntaskan pekerjaan itu dengan baik ataupun tidak.

Bila kamu mempunyai ciri-ciri orang yang tidak produktif seperti di atas ini, jangan panik ya, apalagi merasa sedih. Sebab di bawah ini kita akan membahas cara agar dapat menjadi orang yang produktif.

5 Tips Menjadi Orang Produktif

Buat rencana kegiatan setiap hari. Tulislah seluruh pekerjaan serta kegiatan setiap hari atau mingguan yang mau dicoba ataupun buat catatan berisi tugas yang wajib dituntaskan. Daftar ini menolong kamu meningkatkan produktivitas kerjamu, namun catatan ini cuma berguna bila dipakai dengan baik.

Buat agenda kegiatan. Pastikan tugas yang sanggup kamu kerjakan, kemudian urutkan berdasarkan prioritasnya. Setelah itu, buat agenda dengan membagi durasi untuk mengerjakan setiap tugas, melaksanakan kegiatan, makan siang dan istirahat.

Pastikan prioritas dan janganlah mendahulukan tugas yang kamu gemari. Adakalanya, pekerjaan menumpuk sehingga kita tidak bisa bekerja sesuai agenda. Oleh karena itu, pastikan tugas yang harus diprioritaskan lalu selesaikan terlebih dulu. Bisa jadi kamu mau menuntaskan seluruh pekerjaan dan memandikan anjing piaraan, namun salah satu harus ditunda. Janganlah melakukan beberapa pekerjaan dengan cara bersamaan supaya Kamu tidak merasa terbebani. Metode efektif meningkatkan produktivitas kerja ialah menuntaskan tugas satu per satu.

Pastikan sasaran kerjamu. Apa saja tugas setiap hari yang mau dilakukan, misalnya membenahi rumah, berlatih, ataupun bekerja di kantor, pastikan tujuan yang realistis, namun lumayan menantang. Ilustrasinya, pastikan sasaran mau menulis sekian kata, membaca sekian laman, ataupun menyelesaikan laporan. Janganlah menyerah sebelum sasaran tercapai. Alih- alih merasa terbebani, berperilakulah positif dengan memakai sasaran kerjamu sebagai sumber semangat. Kamu sanggup menggapai sasaran bila senantiasa fokus dikala bekerja.

Biasakan menjaga kerapian beberapa barang yang kamu miliki. Pekerjaan ataupun kegiatan menjadi terhambat bila kamu kehilangan berkas penting, perlengkapan yang diperlukan, ataupun harus membuka surel untuk mengatur ulang jadual pertemuan karena perubahan mendadak. Oleh karena itu, pastikan kamu mempraktikkan sistem penyimpanan berkas yang efektif, merapikan perlengkapan kerja, serta menulis rencana kegiatan dalam agenda.

Semoga 5 tips menjadi orang produktif ini bisa membantumu menjadi orang yang lebih produktif walaupun harus work from home. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Close Menu
×

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]