Nasehat JackMa Buat Anda

 
Apa kabar rebahaners? masih asik rebahan? kalau kamu adalah orang yang pernah bertanya dalam hati “kenapa saya harus bangun pagi?” atau “kenapa saya harus bersusah-susah sibuk dan berkarya?”, “kenapa tidak nonton TV saja?” maka artikel ini mungkin cocok untuk nemenin rebahan kamu. 
 
Karena di tulisan kali ini, Jack Ma bakal ngasih kita beberapa poin penting soal hidup yang mungkin jarang orang pikirkan. Saya mencoba merangkum dengan bahasa sendiri beberapa interview Jack Ma dari beberapa media. Dan inilah yang saya dapatkan. 
 
Tapi sebelum itu, siapa Jack Ma? Doi adalah warga China daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai bilioner dunia. tapi siapa dia sebenarnya?
 
Jack Ma tidak punya ayah kaya,  sehingga saat lulus SMA upayanya masuk ke universitas selalu gagal. Termasuk 10 kali lamaran ke harvard, 4x lamaran ke universitas lokal jurusan keguruan, 30 kali lamaran pekerjaan, semuanya ditolak. Sehingga keadaan menjadi sangat sulit dan frustasi. 
 
Karena tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, pada tahun 1994 dia berdiskusi tentang internet dan 23 temannya tidak setuju dan berkata itu ide bodoh. Semua temannya menghina dan berkata “kami tidak pernah mendengar itu dan kamu pun tidak tahu apa-apa soal komputer”. Orang-orang melihat ide Jack saat itu ide gila yang tidak akan bisa berhasil.
 
Jack mencoba meminjam $3000 dari bank selama 3 bulan bertemu dengan 30-40 pemberi pinjaman dari berbagai macam bank dan tidak tidak membuahkan hasil apapun, semuanya menolak. Banyak orang berkata “Alibaba adalah contoh yang buruk”. Tapi Jack Ma yakin Alibaba bisa sukses suatu saat. Jack yakin ada yang menunggunya di masa depan, yang harus dia lakukan adalah tetap berusaha dengan semua pengalaman sulit ini. 
 
Pada akhirnya dia berhasil mengumpulkan USD50.000 dari 80 orang investor dan Alibaba Pun dimulai. Untuk 3 tahun pertama team Jack Ma tidak mendapatkan bahkan 1 dollar pun dari bisnisnya itu. Ini tidaklah mudah, pertanyaannya kenapa mereka tetap mau melanjutkannya?
 
Karena setiap hari Jack Ma menerima banyak email dari pelanggan yang berisi “ini bagus sekali, tapi kami tidak bisa membayarmu, tapi ini sangat membantu kami. Jika kamu terus membantu banyak orang seperti ini, maka suatu hari kamu akan sukses”. 
 
Banyaknya email sejenis yang datang membuat Jack Ma dan team makin percaya dan sedikit demi sedikit mereka membangun ekosistem bisnisnya dengan lebih besar. Dan apa yang terjadi setelah 16 tahun? mereka punya Alibaba group, Tmall Group, taobao Group, Alipay dan orang akhirnya berkata “kamu sangat pintar jack! bagaimana kamu bisa membuat perusahaan seperti itu”
 
Yang membedakan Bill Gates, Warren Buffet, Jack Welch, Larry Page, Mark Zuckerberg dengan orang lain adalah mereka selalu optimis dengan masa depan. Mereka selalu berusaha menyelesaikan masalah orang lain. masalahnya adalah ketika kita pesimis, jalan keluar tidak akan muncul. 
 
Harini orang dengan mudahnya mengeluh, “dimana peluangnya?” atau “saya tidak punya pekerjaan yang baik!”, “saya tidak punya ini itu”. Mereka tidak sadar, kita sedang berada di waktu terbaik di abad ini. Aset terbaik adalah usiamu harini. kapan waktu terbaikmu untuk memulai? sekarang!
 
Tentu lebih muda lebih baik, tapi berapapun usiamu saat ini, jika kamu mulai berbenah sekarang maka ini adalah waktu terbaikmu. Lakukan hal dengan cara yang berbeda, bangun lebih pagi, lebih berani dari dirimu yang dulu. 
 
Siapapun kamu, dimanapun kamu berada, ketahui bahwa hari esok adalah hari yang baru. Kemarin sudah selesai. Rencanakan hari esok lebih baik dan ambillah tindakan. Kalau orang lain ragu dengan diri kamu, jadilah orang pertama yang yakin dengan diri sendiri.
 
Jangan khawatir soal uang, karena uang mengikuti manusia dan manusia mengikuti mimpi nya. Manusia memang seharusnya mengikuti mimpinya. jika kamu punya mimpi, maka wujudkan mimpi tersebut. 
 
Sebelum usia 20 tahun jadilah murid yang baik.  Jika kamu saat ini berusia 25 tahun, jangan khawatir soal kesalahan. Lakukan hal baik yang bisa kamu lakukan, tapi jika ternyata salah, maka setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik, enjoy dan pelajari. Next kamu lebih kuat karena kesalahan itu bikin kamu naik kelas. Buatlah cukup kesalahan yang penting, ketika jatuh, bangkit lagi…lagi….lagi….. kamu masih 25 kan? disini waktunya berlatih. 
 
Sebelum usia 30 tahun, ikutilah seseorang dan bekerjalah di perusahaan kecil. Kalau di perusahaan besar mereka sudah sangat baik dalam hal proses, sehingga kamu mungkin tidak bisa belajar banyak soal passion dan mimpi. Kamu juga akan banyak hal diluar bidang yang kamu kuasai. Sebelum usia 30 bukan hanya di perusahaan mana kamu bekerja, tapi siapa bos mu. Bos yang baik adalah yang bisa mengajarimu dengan baik. 
 
Dari usia 30 sampai 40 tahun, pikirkan bahwa kamu sudah harus bekerja untuk diri sendiri. utamanya jika memang kamu ingin jadi entrepreneur. 
 
Diusia 40-50 tahun, kamu harus melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuanmu, jangan lupa tetap Happy. Fokuskan pada satu kemampuan yang kamu baik disana.  
 
Pada saat usia 50 ke 60 tahun, bekerjalah untuk anak muda. karena anak muda bisa bekerja lebih baik darimu. Andalkan mereka, ajari mereka, investasikan apapun untuk kemajuan mereka dan pastikan mereka handal untuk membantumu, dan untuk diri mereka nanti di masa depan. Jadilah bos yang baik maka siklus akan terus berulang. 
 
Manusia tidak bisa menaklukkan dunia, tapi manusia bisa melayani dunia.  Bekerjalah untuk orang lain lalu untuk dirimu. Jika dalam bekerja kamu sibuk memikirkan bagaimana membantu orang lain, maka tuhan akan kirimkan banyak orang baik untuk membantu pekerjaanmu. Karena hanya ketika orang lain bahagia, kamu pun akan bahagia.


Ditulis oleh Muhammad Bahauddin Amin
Co-Trainer SyncPlanner  

Leave a Reply

Close Menu

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]