Tak akan ada Perubahan tanpa Rencana dan Aksi

Andi Anshori

Content Creator Youtube: Petani Wow

Saya anshori, umur 27 th, saya bekerja sebagai pekerja lapang di sebuah Perusahaan di bidang perkebunan lada.

Dulu saya tidak pernah memikirkan tentang masa depan. Saya hanya mengikuti aliran waktu saja. Dan menyerahkan semua hal langsung pada tuhan.

Bagi saya merencanakan sesuatu, adalah hal yg merepotkan. Merencanakan berarti siap utk terkotak - kotak aktivitas yg terlihat memuakkan. Bahkan ketika saya ditanya tentang impian. Maka saya akan menjawab. "Mimpi saya adalah mewujudkan mimpi orang lain".

Lalu sampailah saya pada titik ketika merasa hidup saya sangat berantakan. Mulai muak dengan aktivitas yg sia sia, saya sadari itu namun sulit merubahnya. Pada akhirnya saya mempelajari tentang habit. Saya baca banyak buku tentang habit. Saya tonton video youtube dg keyword habit. Saya pelajari dan mulai menemukan benang merah bagaimana merubah pola kebiasaan buruk saya.

Kebiasaan baru muncul yaitu baca buku, terutama tentang habit, pengembangan diri dan produktivitas.

Lalu saya ketemu dengan iklan buku baca kilatnya pak agus di instagram. Tanpa pikir panjang saya membelinya versi e-booknya. Dari buku pak agus saya mulai paham tentang bagaimana membaca buku dari tujuan akhir.

Dari sini saya mulai berpikir tentang mimpi, dan merenungi apa yg sudah saya lakukan selama ini. Pada tengah juli 2020 saya memutuskan utk membeli buku sync planner. Saya hanya mempelajari tentang sync planner hanya dari video youtube. Dan alhasil di sync planner saya yg pertama, hanya terisi selama 2 minggu. 10 minggu kemudian kosong bolong.


Saya merasa apa yg saya lakukan sia sia. Saya meninggalkan sync planner di bulan agustus, september dan oktober. November dan desember apalagi. Namun, dalam hati saya masih ada rasa penasaran yg tinggi tentang goal 12 minggu.

Lalu di minggu2 akhir desember 2020, sama seperti keumuman orang. Saya mulai membuat resolusi tahun baru. Lalu tanpa sengaja melihat thumnile video streaming pak agus dan pak muhammad membahas pelatihan minggu 13. Saya tertarik, tapi menunda menonton tayangan ulangan tsb. Dan ketika saya menonton ternyata waktunya sangat mepet utk mendaftar. Kelas pertama di mulai jam 16.00 sore. Saya mendaftar siang hari, tapi syukurlah, hampir hampir saya menyesali karena harus menunggu 12 minggu lagi utk mengikuti pelatihan.

Pelatihan minggu 13 yg saya ikuti adalah angkatan 2 . Dan sejujurnya saya menyesal, karena bisa terlewat kalau ada angkatan pertama(okt-des20).

Namun beruntungnya saya, di banding angkatan 1, angkatan 2 dapat tambahan coaching mingguan yg tidak ada di angkatan sebelumnya. Waktu coachingnya 1 jam di awal minggu, namun dipertengahan minggu ditambah jadi 1.5 jam. Coaching mingguan ini sangat membantu kami, member minggu 13. Karena tiap minggu kita dipantau perkembangannya dan di kembalikan ke arah yg semestinya jika tiba2 keluar dari jalur yg direncanakan.

Bergabung dengan komunitas yg sama dapat menumbuh semangat utk memulai habit yg baru dan melanggengkannya. Semangat inilah yg saya dapat dari pelatihan minggu 13. Selain itu, pak agus dan pak muhammad juga menggunakan sync planner dalam perencanaan bisnisnya. Sehingga apa yg diajarkan benar2 singkron antara coach dan member dalam meraih goalnya masing2.

Di pelatihan minggu 13, saya menemukan jawaban yg saya cari. Banyak hal2 yg fundamental dibahas di awal. Ini berkaitan dengan impian 3, 5 dan 10 tahun. Setiap peserta di review dan ditata ulang impiannya. Yang paling berkesan adalah setiap mimpi itu harus bisa diukur dengan angka. Dan disini saya sadar, di sync planner saya yg pertama, dimana saya belajar mandiri. Tidak ada impian yg saya tuliskan disana.

Lalu pemahaman tentang goal 12 minggu, kami diajarkan tentang goal mana yg seharusnya kita kejar. Semua goal harus nyambung dengan Impian kedepan. Di tulislah 10 goal, dan dipilih 3 goal prioritas. Yang sulit dipahami utk dipelajari mandiri adalah pemahaman small goal, dan ternyata di sync planner saya yg pertama semuanya adalah small goal.

Sejujurnya, kita sama sekali tidak butuh sync planner, jika yg dikejar adalah small goal.


Tentang goal 12 minggu saya,
Saat ini adalah minggu ke 11.
2 Goal saya sudah tercapai.
1 Goal progressnya 70%


Ada cerita menarik, di siklus 12 minggu pertama di tahun ini. Ketika saya sudah tau dan semakin jelas impian yg saya inginkan di masa depan, itu sangat membantu saya dalam hal mengambil keputusan.

Impian terbesar saya adalah punya beberapa hektar lahan pertanian, dan saya berharap bisa mendapatkan penghasilan tetap dari lahan tersebut. Saya ingin berkontribusi pada masyarakat, lewat lahan yg saya punya.

Tapi saat menulis harapan itu saya belum punya lahan sejengkal pun.

Dan alhamdulillah pada bulan februari, saya berani mengambil keputusan utk membeli lahan, ketika ada yg menawarkan. Lahan tsb sekitar 4.900 meter persegi. Semurah-murahnya lahan, tentu dengan luasan tersebut, tentu menguras tabungan saya. Namun, saya bisa memutuskan dengan cepat. Karena saya sadar bahwa saya harus segera take action utk mewujudkan mimpi saya.

Copyright 2018, Company Name - Disclaimer

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]