10 Langkah untuk mencapai Goal tanpa mengorbankan aspek penting lain di kehidupan Anda

Sebelum Anda melanjutkan membaca, saya perlu sampaikan bahwa materi ini khusus untuk Anda yang ingin mencapai sinkronisasi dalam setiap aspek kehidupan baik pekerjaan, keluarga, kesehatan, finansial, spiritual atau aspek lain.

Sehingga ketika sinkronisasi ini terjalin, Anda bisa mencapai apapun goal Anda dengan lebih cepat, melakukan lebih sedikit mencapai lebih banyak tanpa mengorbankan aspek-aspek penting di hidup Anda.

Sekarang mari jawab pertanyaan saya, apakah Anda ingin:

  • Memiliki kendali atas hidup Anda
  • Memiliki waktu berkualitas bersama keluarga
  • Melakukan lebih sedikit dan mencapai lebih banyak
  • Mencapai apapun goal Anda dengan lebih cepat

Jika ya, berarti Anda orang yang tepat. Mari lanjutkan membaca..

Kejadian ini terjadi 4 tahun yang lalu, yakni pada tahun 2016.

Suatu malam sepulang kerja, tiba-tiba istri saya memberondong diri saya dengan berbagai uneg-uneg.

“Kok aku merasa selalu dapet sisa-sisa waktunya kamu, ya. Kerja sudah seharian, sampe rumah masih aja ngurusin kerjaan,” dia memulai percakapan.“Boleh nggak sih aku minta waktu dan perhatian kamu lebih banyak lagi?”

Rasanya bibir saya tercekat tak bisa berkata apa-apa. Yang bisa saya lakukan hanyalah terdiam mendengarkan keluh-kesah dibalik derai air matanya.

Belum puas “menampar” saya, hati saya tambah terkoyak-koyak ketika tak lama setelah kejadian itu tiba-tiba anak kedua saya memegang tangan saya untuk diletakkan di kepalanya sembari digosok-gosok.

Tanpa sadar, hati saya berdesir mengikuti adegan ini. Betapa tidak? Inilah yang biasanya selalu saya lakukan tapi berubah sejak saya lebih sibuk mengurus pekerjaan.

“Kamu rindu Daddy, ya, Nak?” batin saya sembari masih menggosok-gosok kepalanya, “Maafkan Daddy, ya.”

Saya masih ingat persis bagaimana ekspresi wajahnya ketika saya menggosok-gosok kepalanya. Pancaran senyumnya seolah memperlihatkan rasa sayang yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, apalagi oleh anak sekecil itu.

Tapi saya sangat bersyukur dengan dua kejadian tersebut. Karena 2 kejadian itu telah menyadarkan saya betapa saya telah menyimpang jauh dari tujuan saya.

Meminjam istilah Eben Pagan, saya telah terjebak pada “High Rupiah Value” hingga mengabaikan “High Lifetime Value” saya, yakni keluarga.

Tujuan saya dalam bekerja, dalam membangun bisnis tak lain adalah untuk membahagiakan keluarga, membahagiakan orang-orang yang saya cintai.

Tapi dalam perjalanan membahagiakan keluarga ini, saya malah terjebak pada pekerjaan saya, terjebak pada “alat” untuk mencapai tujuan itu.

Dari cerita saya di atas, Anda perlu tahu bahwa banyak orang di luar sana (termasuk saya dulu) yang terlalu ambisius untuk mengejar “high rupiah value” sehingga melupakan “high lifetime value”. Apa yang terjadi? Mereka memang mencapai “high rupiah value” itu tapi mereka merasakan kekosongan, hampa, merasa tidak ada nilainya.

Mari lihat Piramida Aktivitas pada gambar di atas. Paling atas, High Lifetime Value adalah batu-batu besar, aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan sekarang dan memberikan dampak jangka panjang bahkan seumur hidup. Contoh aktvitas High Lifetime Value adalah waktu bersama keluarga, waktu tidur, ibadah dan kesehatan.

High Rupiah Value adalah batu-batu sedang, aktivitas-aktivitas kunci yang berhubungan dengan pekerjaan Anda yang memberikan dampak besar. Tapi masalahnya aktivitas di dalam pekerjaan kadang tidak semua berdampak besar, justru banyak yang menghabiskan waktu di “low atau 0 rupiah value” seperti menyetir mobil, pergi ke bengkel dan lain-lain yang tidak begitu produktif.

​Low Rp Value adalah pekerjaan yang harus kita selesaikan, tapi melakukannya enggan, kalau ga dilakukan yang lain kacau. 0 Rupiah value adalah aktivitas yang ga membawa kita ke mana-mana, sosmed yang ga jelas dll.

selama ini Anda fokus ke mana?

So, bagaimana caranya agar Anda bisa menyeimbangkan setiap aspek kehidupan Anda sehingga Anda bisa mencapai apapun goal Anda dengan lebih mudah? Inilah 10 langkahnya:


1. Menyusun Visi Jangka Panjang dan Jangka Menengah

Anda perlu menyusun Visi ini supaya Anda mendapat gambaran akan jadi seperti apa Anda di masa depan. Buatlah Visi jangka panjang 10 tahun mulai dengan apa yang Anda inginkan untuk kehidupan personal Anda bukan bisnis atau karir, karena Ini yang akan menjadi bahan bakar Anda untuk menjalankan bisnis atau karir Anda. Setelah itu buat Visi 3 tahun yang harus terwujud untuk mencapai visi 10 tahun Anda.

Jangan berpikir Visi harus akurat atau perfect, no no no, yang harus akurat dan spesifik adalah rencana Anda selanjutnya.


2. Tulis goal 12 Minggu

​Kenapa 12 Minggu? Ini adalah shifting mindset dari satu tahun 12 bulan menjadi 12 minggu. Dengan waktu 12 minggu kita punya waktu yang cukup panjang untuk mewujudkan sesuatu, tapi cukup pendek sehingga kita tidak menunda-nunda.

Sembilan puluh persen lebih goal yang dibuat tahunan akan dilupakan di bulan kedua. Dan kita umumnya akan terus menunda, karena kita berpikir masih 10 bulan lagi, 9 bulan lagi, dan sampai mendekati deadline, kita berpikir, sudah tidak mungkin lagi mencapai goalnya.

Tulis 10 goal Anda, Goal yang harus Anda tuliskan adalah goal yang stretched yaitu goal yang mengharuskan Anda berubah, keluar dari zona nyaman Anda, mengharuskan Anda upgrade diri. Bagusnya Streched goal adalah goal ini tetap bisa Anda capai dan ketika Anda capai, Anda akan merasakan kepuasan yang berbeda.

Ciri dari stretched goal adalah Anda akan merasa takut, cemas tapi juga excited untuk Anda capai.

​Jangan buat goal yang small atau delusional. Small goal akan membuat Anda tidak semangat, terlalu mudah. Sedangkan delusional adalah goal yang terlalu muluk berdasarkan kondisi Anda saat ini.


3. Tetapkan 3 Highest First

Dari 10 goal yang sudah Anda buat, tentukan prioritasnya mana 3 goal yang paling penting, mana goal yang perlu didahulukan bukan hanya karena dateline tapi juga dampaknya. Sehingga akan ada goal yang kalau tercapai lebih dulu, goal lain akan ikut dengan sendirinya.


4. Breakdown Highest first sampai langkah kecil

Setelah menentukan prioritas, 3 highest first ini akan menjadi 3 high focus goal. Breakdown setiap goal ini menjadi 3 goal kecil yang perlu Anda capai dan setiap goal kecil ini Anda tuliskan langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk mencapainya.


5. Buat Kurikulum Pengembangan Diri

Karena Anda sudah menuliskan stretched goal, maka Anda harus berpikir “saya harus belajar apa?” “apa skill yang harus saya miliki supaya goal saya tercapai?”. Nah untuk itu Anda harus membuat kurikulum pengembangan diri berisi skill apa yang harus Anda kuasai, buku apa yang harus Anda baca, pelatihan apa yang perlu Anda ikuti.

Ini penting, karena goal Anda tidak mungkin tercapai dengan sendirinya tanpa Anda upgrade diri. Dengan panduan ini, Anda akan membeli buku dengan pendekatan yang berbeda. Anda akan membeli dan membaca buku “Just in Time” bukan “Just in Case”. Buku Just in Case adalah buku yang masih sampul plastik di lemari buku Anda. Tidak pernah dibuka dan dibaca.


6. Komitmen

Anda harus komitmen untuk melakukan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Karena jika Anda tidak komitmen maka Anda akan mudah untuk melupakannya.

Setelah komitmen, tuliskan reward apa yang akan Anda dapatkan jika goal Anda tercapai. Ini penting, karena secara pikiran bawah sadar, jika Anda ambil reward ini akan tumbuh rasa percaya diri untuk mencapai lebih.


7. Rancang Ritual

Ritual adalah aktivitas yang Anda lakukan yang tidak langsung berdampak ke produktivitas Anda. Tapi penting untuk Anda lakukan, karena ini akan menjadi core Anda yang membuat planning dan eksekusi Anda lancar. Ritual akan mengembalikan energi dan perhatian Anda, sehingga akan membuat Anda melakukan rencana Anda dengan produktif dan optimal.

Morning ritual perlu Anda lakukan di 3 aspek, tubuh, pikiran, spiritual.

Evening ritual adalah aktivitas yang membuat Anda menutup hari dengan bahagia dan memastikan istirahat cukup


8. Buat Standar Emas Minggu Terbaik Anda

Best Week adalah model minggu terbaik yang Anda inginkan, semuanya berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Buatlah minggu terbaik versi Anda dengan proaktif, dengan begitu Anda akan punya kendali terhadap aktivitas Anda.

Masukkan aktivitas “high lifetime value” dalam best week Anda, karena ini adalah hal yang memiliki dampak besar dan jangka panjang.

Ini penting buat Anda, karena dengan Anda membuat Best Week Anda akan men-sinkronkan semua aspek kehidupan Anda, Anda punya waktu untuk keluarga, dan hal-hal lain yang penting untuk Anda.


9. Proses Kontrol Mingguan dan Harian

Di sini adalah proses kontrol untuk menentukkan apa saja yang perlu dieksekusi minggu ini dan diterjemahkan ke dalam aktivitas harian. Menentukan apa saja yang perlu dieksekusi, berarti Anda hanya akan fokus pada aktivitas-aktivitas penting dan Anda akan dengan mudah menolak apa yang tidak penting.

Anda perlu membebaskan energi, perhatian dan waktu Anda dari hal-hal yang autopilot seperti buka sosial media, main game, ngobrol yang mana itu adalah hal-hal yang mengalihkan Anda dari apa yang harus Anda eksekusi.


10. Re-Charge Mingguan dan 12 Minggu

Yang terakhir, Anda perlu memulihkan energi, perhatian dan waktu Anda yang selama 1 minggu sebelumnya sudah Anda gunakan untuk beraktivitas.

Review progres pencapaian goal selama satu minggu sehingga Anda akan mudah menentukan apa lagi yang harus Anda eksekusi di minggu selanjutnya. Lakukan hal yang sama setelah 12 minggu.

Dengan melakukan ini, Anda akan benar-benar bisa mengatur ritme energi, perhatian dan waktu Anda dengan sangat optimal.

10 Langkah di atas sudah saya siapkan templatenya ke dalam sebuah planner sehingga Anda bisa langsung pakai.

Memperkenalkan


Sync Planner 3.0

Sync Planner adalah hasil riset saya sejak 2004 sampai 2019. Saya mempelajari tentang Produktivitas, Life, Brain Based Learning, Attention dan Energy Management dan banyak lagi dan Saya terapkan satu per satu prinsip yang mereka ajarkan, Saya lengkapi dengan riset dan uji coba saya sendiri.

Jatuh bangun dari percobaan-percobaan ini pun saya rasakan. Tapi syukur pada akhirnya semua usaha ini terbayar lunas.

Kini saya bisa menyeimbangkan waktu untuk pekerjaan & keluarga. Malahan, dibanding pekerjaan kini saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Yang mengejutkan adalah, dengan semua ini bisnis saya tetap berjalan lancar tanpa terbengkalai.

Kenapa bisa begitu? Karena justru ketika kita memberikan perhatian lebih pada “High Lifetime Value” kita yang salah satunya adalah keluarga, ini akan berdampak pada aspek lainnya, tak terkecuali pekerjaan & keuangan. Dengan Sync Planner saya bisa membangun kesuksesan saya dengan kehidupan saya sebagai porosnya, bukan sebaliknya.

“Dengan Sync Planner 3.0 Anda akan bisa men-sinkronkan setiap aspek kehidupan Anda dengan baik dan mencapai goal Anda lebih cepat dan mudah tanpa mengorbankan hal-hal penting dalam hidup Anda”

Tidak mudah untuk menggunakan Sync Planner 3.0 Tapi jika Anda mau dan komitmen dalam menggunakannya, ini akan jadi tool yang akan memberikan hasil yang luar biasa untuk kehidupan Anda.


So, jika Anda ingin merancang kehidupan yang Anda inginkan & mencapai gol 3 kali lebih cepat…

Dapatkan Sync Planner 3.0 Sekarang

  • 14,8 x 21 cm Dimension
  • Hardcover
  • 224 Pages
  • Lay-flat binding
  • Two Ribbon Markers
  • Elastic enclosure

Gratis 19 Video Pelatihan Merancang Goal dan Strategi Mencapainya

Senilai: 

997.000

  • Tombol ini akan membawa Anda ke halaman checkout orderonline.syncplanner
  • Segeralah isi data Anda, dan pastikan data Anda valid, supaya buku dan bonus-bonus bisa terkirim dengan akurat
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera di harga total
  • Buku akan dikirimkan maksimal 4 hari setelah pembayaran diterima
  • Jangan lupa untuk selalu cek email secara berkala, karena kami akan mengirimkan email-email yang akan berdampak dalam hidup Anda, ke alamat email yang telah Anda daftarkan.
  • Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim

Garansi Pengembalian

Kami yakin Sync Planner akan merubah hidup Anda. Setelah Anda menuangkan perencanaan Anda ke dalam planner dan mengambil tindakan atasnya, namun Anda masih tidak puas, kami akan mengembalikan uang Anda – Tanpa banyak bertanya.


Frequently Asked Questions

Siapa saja yang bisa menggunakan Sync Planner?

Apa bedanya Sync Planner dengan Planner lainnya?

Berapa biaya pengirimannya?

Berapa lama saya bisa menerima Sync Planner saya setelah melakukan pembayaran?

Bagaimana saya bisa menggunakan Sync Planner?

Apakah Anda bisa mengkostumisasi planner (custom design) planner?

Apakah Anda memberikan diskon untuk pemesanan dalam jumlah besar atau untuk perusahaan?

Apakah planner Anda tersedia di toko buku? Di mana saya bisa membelinya?

×

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]