Yakin Anda Produktif? Cek disini

Produktivitas sering dikaitkan dengan karya. makin banyak karya yang anda hasilkan dalam hidup, anda mungkin akan digolongkan orang yang sangat produktif. Bukan berarti karya anda harus dikenal orang banyak atau menjadi penemu. Jika dikenal orang banyak dan membawa manfaat itu tentu baik. tapi jika dampak dari yang anda lakukan dirasakan manfaatnya oleh keluarga dan orang terdekat anda. Bagi saya itu sudah keren. Brendon Burchard seorang pelatih high performance terkemuka dunia mengatakan bahwa performa tinggi (produktivitas) adalah bagaimana anda mencapai dan mempertahankan kesuksesan jangka panjang, sambil juga menjaga kesehatan dan hubungan yang positif. Jadi menurut doi, yang sukses itu adalah mereka yang seimbang antara karirnya, kesehatan dan hubungan dengan keluarga atau orang lain.

 

Dari banyak riset mandiri yang saya lakukan, saya menemukan ada kesamaan pola yang dilakukan oleh orang-orang produktif kelas dunia. mereka melakukan hal rutin sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah. bedanya adalah, mereka melakukannya dengan konsisten. Kabar baiknya adalah, Jika kita memodel (ikut-ikutan) apa yang mereka lakukan, maka hasilnya plus minus akan sama. Tidak mesti sama persis, tapi kalau anda mendapati diri anda lebih baik dari kemarin maka itu menjadi Gift buat anda. Tapi jika anda menemukan diri anda sama dengan hari kemarin maka anda loss (rugi) namanya karena anda sudah keluar mata uang kehidupan waktu 24 jam yang tidak bisa anda ambil lagi. Tapi kalau malah anda menemukan diri anda lebih buruk dari kemarin maka hidup anda disaster (celaka)

 

OK mari kita cek dan tiru apa rahasia mereka supaya kita nggak rugi apalagi celaka:

 

  1. Tidak membuka medsos saat akan tidur atau bangun pagi. 

Dalam buku “digital minimalism, Choosing a focused life in a noisy world” riset menunjukkan, dalam sehari orang bisa menatap handphone 150x. Data dari facebook indonesia dalam sehari orang bisa menghabiskan waktu 3,25 jam di sosmed. mungkin anda berpikir “sebentar saja lihat-lihat,refreshing”, tapi kenyataan yang terjadi memang sering jauh dari rencana. nggak terasa 3 jam habis untuk scrolling dan waktu sudah pukul 12 malam anda jadinya begadang. kalau sudah tahu akan begini jadinya, jangan coba-coba buka medsos untuk memulai hari. jelas akan membuat hari anda menjadi tidak produktif di pagi hari kecuali anda memang harus sedang menunggu email penting. Mungkin ini sebabnya Bill gates yang kita kenal sebagai tokoh teknologi dunia tidak mengijinkan anaknya memiliki handphone sampai berusia 14 tahun, karena medsos di handphone begitu punya banyak teknik rayuan yang membuat siapapun bisa lupa waktu (dikutip dari kompas,com)

 

  1. Bangun dan tidur di jam yang sama

Secara fisiologis manusia punya sistem alarm tubuh yang mengatur banyak hal. misalnya saat tekanan darah meninggi, suhu tubuh naik atau kadar gula turun, semua itu dipantau oleh reseptornya masing-masing yang seterusnya akan menjadikan alarm berbunyi dan sistem tubuh bisa segera bertindak mempertahankan homeostasis (keseimbangan tubuh). begitu juga dengan jam tidur, tubuh ternyata punya jam biologis yang mengatur ini tentunya diatur berdasarkan jam yang sesuai dengan ritme alam disebut ritme sirkadian. Dia mengatur kapan anda tidur dan bangun. efeknya adalah ritme sirkadian bisa secara simultan juga menyesuaikan jadwal produksi hormon, mengatur suhu tubuh dan berbagai fungsi tubuh lainnya. 

 

Ketika malam tiba, suhu menurun dan memicu rilisnya hormon melatonin dan adenosin, so membuat anda rileks dan ngantuk. jika anda lawan, maka anda merusak jadwal mereka. karena semakin larut malam, semakin banyak hormon yang dilepas sebagai pemicu tidur. saat pagi menjelang, tubuh secara otomatis mengerem hormon-hormon tadi dan digantikan dengan rilisnya hormon kortisol dan adrenalin yang membuat anda waspada dan bersiap untuk menghadapi stress. eits..jangan salah paham ya, tidak semua stress itu buruk. sudah saya bahas di tulisan yang lain.

 

Bayangkan sekarang anda paksa diri anda melawan jadwal biologis tubuh anda dengan membalikkan jam tidur anda selama 30 hari. yang terjadi adalah tubuh anda bingung, karena aktivitas yang seharusnya dilakukan jadi terganggu dan berubah. tubuh mungkin akan mengikuti, tapi pasti akan ada yang rusak. efeknya adalah jadwal tubuh yang lainnya akan terganggu.  saya tidak akan jelaskan disini soal tidur, buku yang membahas soal ini sudah terlalu banyak. riset dalam dan luar negeri sepakat bahwa waktu tidur dan durasi tidur harusnya sesuai dengan jam biologis tubuh jika anda ingin hidup anda prima. Jangan dilawan, jangan diubah. 7 jam adalah waktu ideal untuk durasi istirahat malam, mulai jam 9/10 malam sampai jam 4/5 subuh. Oprah Winfrey seorang producer, filantropis yang sangat sibuk tetap rutin tidur jam 10 malam hingga jam 6 pagi. bahkan bagi Elon Musk yang super sibuk sekalipun, pendiri Tesla motor, dia berkata bahwa tidur adalah waktunya yang paling penting. Walau dia diketahui sering tidur dimana saja minimal 6 jam sehari dan selalu bangun pagi dijam yang sama.  

 

  1. ONTIME

Dibanyak jurnal kesehatan dan produktivitas, orang terlambat sering dikaitkan dengan dua hal utama yaitu stress dan lelah. stress bisa datang dari mana saja misal kurang mendapat dukungan, merasa beban kerja terlalu tinggi atau perasaan tidak puas terhadap apa yang dikerjakan (perfeksionis). lelah utamanya dikaitkan dengan kurangnya waktu istirahat. banyak orang merasa bahwa dengan bekerja keras dan mengurangi waktu istirahat, maka mereka akan jauh lebih produktif. anggapan ini tentu salah karena untuk bisa maximal dalam produktif anda butuh keduanya yaitu fokus dan istirahat. baca artikel ini untuk Paham tentang hubungan antara keduanya.  

 

kita bisa menghindari dua penyebab utama orang tidak ontime diatas dengan sedikit memodifikasi gaya kerja kita. misalnya; 

  1. rencanakan hari anda sebelumnya. Sebuah studi1 yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa menuliskan rencana esok hari dapat membuat tidur lebih cepat. tapi efek itu tidak didapat ketika anda hanya menuliskan apa yang telah tercapai. pengukuran tidur dilakukan dengan memonitor aktivitas otak saat tidur sepanjang malam. jika anda mengisi SyncPlanner pada malam sebelumnya, hari esok anda tidak hanya menjadi lebih produktif tapi tidur anda menjadi lebih nyenyak. 

  2. berangkat lebih awal. 

  3. membuat alarm reminder di handphone kamu untuk jadwal-jadwal penting yang melibatkan banyak orang. karena dengan demikian anda juga telah bersikap hormat dengan waktu orang lain yang sudah diluangkan untuk anda. 

  4. delegasikan tugas kepada orang lain. jangan jadi superman, bagi tugas sehingga anda bisa fokus dan on time pada tugas yang lain sementara tugas yang lain bisa diselesaikan oleh team anda. 

  5. jangan kurangi waktu tidur, karena efeknya bukan hanya hari itu, tapi bisa menjadi efek bola salju yang akan mengganggu produktivitas anda di hari selanjutnya. hormati tubuh anda yang sudah banyak membantu urusan anda dengan Beri dia waktu istirahat yang cukup dan nyaman. Tubuh anda adalah partner utama anda, jangan kecewakan dia. 

 

  1. Happy Feeling – No stress

Perasaan bahagia penting untuk dijaga, walau terlihat klise, tapi anda tentu sudah sering merasakan bagaimana rasanya melakukan sesuatu dengan happy dan sebaliknya. cek hasilnya apakah sama? tentu tidak! stress itu boleh, asal dianggarkan waktunya agar tidak kelamaan dan membuat anda bertumbuh.

 

Menjaga perasaan tetap happy itu butuh latihan. kemampuan anda me-reframe (membungkus ulang) makna dari suatu kejadian sehingga membuat anda tetap menjaga ritme bahagia anda itu adalah skill yang seharusnya anda latih sehingga menjauhkan anda dari stress yang tidak perlu. ada 3 langkah untuk bisa selalu sukses melakukannya:

  1. Cari tahu apa yang bisa anda syukuri!

  2. Cari tahu apa yang harus anda pelajari/perbaiki!

  3. Cari tahu juga apa yang bisa anda lakukan setelah ini agar anda jadi lebih baik,?

 

Sebagai contoh misal pagi hari anda mendapat email tentang dibatalkannya salah satu order yang sudah anda nantikan sejak bulan lalu. dengan menjawab pertanyaan diatas, Anda bisa sedikit membantu pikiran anda tetap happy dipagi itu. 

  1. Yang bisa disyukuri? yang cancel hanya 1. masih ada order lain. bayangkan kalau semuanya dicancel? hayo bersyukur!

  2. Yang bisa dipelajari? ternyata followup itu penting. walau tetap dengan jeda, tapi walletshare orang itu beda-beda. saya harus lebih memperhatikan timing followUp.

  3. Cari tahu juga apa yang bisa anda lakukan? saya mau follow up order lainnya, sambil membelikan diri sendiri hadiah kecil agar tetap happy.



  1. Fokus – No Lembur

Ketika anda sudah merencanakan hari, fokus melewati setiap jadwalnya membantu anda jauh lebih produktif dan ontime selesai. Jika anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan hanya di jam kerja, maka anda sangatlah produktif. Sehingga waktu selebihnya anda gunakan untuk keluarga, bertumbuh dan olahraga.

 

  1. Baca Buku. 

Barack Obama selalu menutup hari membaca buku minimal 90 menit hingga pukul 12.30 malam (liputan6.com). Bill Gates membaca tidak kurang dari 50 buku selama setahun. tidak hanya itu, Steve Siebold seorang multimilyuner yang juga menulis buku “how rich people think”, mewawancarai 1.200 tokoh sukses dunia dalam 30 tahun terakhir menemukan bahwa orang kaya itu selalu punya perpustakaan pribadi dirumah mereka. entah mereka bikin perpusnya sebelum kaya, atau setelah kaya karena punya duit akhirnya bikin perpus, yang jelas buku identik dengan kaya. sepakat?

 

Orang kaya ternyata lebih suka cari ilmu ketimbang cari hiburan. Ilmu itu cahaya dan miskin itu gelap. Yakin deh kalau yang Anda kejar ilmu, harta sudah setengah perjalanan menuju anda.  

 

  1. Hanya membeli barang yang dibutuhkan.

Untuk mobil harian, Mark Zuckerberg diketahui hanya mengendarai honda jazz yang hemat BBM dan lincah di jalanan. Dia tidak punya banyak baju dan cenderung warnanya sama karena dia tidak ingin ribet memilih warna. Rumahnya juga terbilang sederhana dan pesta pernikahannya hanya menggunakan halaman belakang rumah beberapa tahun lalu yang dihadiri 100 orang. Mark juga diketahui jarang makan di restoran mahal, padahal menurut laporan Forbes 2018 total kekayaan Mark mencapai Rp 996,6 triliun. 

 

Kalau Anda kenal Warren Buffet, beliau adalah bapak investor dunia yang merupakan orang terkaya ketiga dunia. beliau bukannya gagap teknologi, tapi hanya ingin menikmati hidup tanpa diganggu gawai. sehingga pilihan handphonenya selama ini adalah samsung SCH-U320 yang harganya kurang dari 500 ribu rupiah. baru  diketahui tengah tahun 2020 ini akhirnya beliau melepas handphone yang sudah lama menemani nya itu dengan apple 11. Diketahui juga beliau tidak mengoleksi supercar apalagi rumah mewah.

 

Jika anda penggemar Netflix, saya mungkin akan merekomendasikan film dokumenter “minimalism”. gara-gara film ini, Raditya dika sampai menjual semua koleksi jam tangan mewahnya dan hanya memakai beberapa saja yang dianggapnya cukup tangguh. kita semua pastinya sepakat bahwa jika terlalu banyak barang yang dimiliki tapi tidak dibutuhkan, justru membuat anda punya peluang “diganggu” oleh barang-barang itu. Hanya beli yang anda butuhkan, bukan yang anda inginkan. Tidak hanya membantu anda lebih bijak dalam mengelola uang anda, tapi juga membuat anda jauh lebih fokus pada urusan penting anda.




ditulis oleh Muhammad Bahauddin Amin
Co-Trainer SyncPlanner

 

Referensi:

 

  1. https://www.psychologytoday.com/us/blog/brain-waves/201801/the-connection-between-writing-and-sleep

Leave a Reply

Close Menu
×

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi fringilla sollicitudin lacus, ac rutrum massa tristique fringilla. Suspendisse mattis finibus felis nec faucibus. Vivamus ut quam metus. Vivamus porttitor sodales odio. Sed hendrerit lectus nec ultrices varius. Sed lacinia commodo tortor. Sed cursus tempus leo, eget aliquet lorem. Aliquam sit amet tristique metus. Duis interdum justo in nisi commodo ullamcorper.

[contact-form-7 id=”298″ title=”Contact form”]